Cari artikel Pras Free disini :

Loading

Sunday, March 21, 2010

Pa sih manfaat dari FACEBOOK??!!


Facebook, sebuah jejaring sosial yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Namun baru belakangan ini menjadi bahan pembicaraan hangat di Indonesia. Banyak media yang mengulas mengenai fenomena ini. Bahkan minggu lalu sebuah harian terkemuka mengulas Facebook dalam beberapa halamannya. Segala sesuatu pasti mempunyai dua sisi, ada panas pasti ada hujan, ada sedih ada bahagia, ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Berikut ini akan sedikit mengulas mengenai kelebihan dan efek negatif dari Facebook.

Positifnya

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jejaring sosial ini. Yang utama tentu saja mencari sahabat baru, menjalin hubungan silahturahmi. Bahasa kerennya keep in touch.Selain itu dapat digunakan untuk:
  • Menemukan sahabat lama. Banyak yang bisa reunian dengan sahabat yang sudah lama tidak terdengar kabar beritanya.
  • Dapat dipergunakan untuk bisnis. Dalam skala kecil misalnya berjualan dengan memasang foto dagangan di album foto. Dalam skala besar contohnya Telkom mewajibkan karyawannya FB-an untuk ikut memasarkan produk perusahaan.
  • Memberitahukan sebuah acara, meeting, tugas, dsb. Mungkin undangan pernikahan juga bisa disebar lewat FB biar lebih irit hehe.
  • Untuk kampanye. Meniru jejak Obama yang sukses kampanye dengan FB maka beberapa caleg dan capres juga ikut FB-an agar bisa meraih massa. Walaupun di Indonesia pengguna internet belum sebanyak di Amerika.
  • Ajang narsis, siapa tahu ada produser yang melihat dan menawari menjadi bintang iklan sabun colek. Asal narsisnya tidak terlalu segar.
  • Membagi uneg2 dimana bisa menghilangkan stress, misalnya nulis di status: Wah mati lampuuu padahal lagi ketik tugas, nanti harus dikumpul. Gimana ya?. Biasanya akan ada teman2 yang memberi solusi ataupun sekedar basa basi.
  • Bisa saling bercengkrama dengan fasilitas chat, walaupun yang diajak ngobrol kadang di meja sebelah. Daripada tidak ngobrol sama sekali.
  • Dapat digunakan untuk promosi blog, menambah jumlah pembaca.
  • Menambah wawasan dari kiriman artikel teman. Berita politik sampai sekedar gosip.
  • Berbagi pengalaman dengan menulis di catatan.
  • Mencari kekasih pujaan hati. Saat bertemu di dunia nyata selalu malu2 meong, mungkin di FB bisa lebih mengutarakan perasaan. Siapa tahu gayung bersambut dan cintapun bersemi. Asal bukan cinta maya, belum ketemu orangnya tapi sudah jatuh hati :D
  • Dan lain lain…
Negatifnya

Sejak jaman Friendster sampai Facebook faktor negatif dari sebuah jejaring sosial biasanya hampir sama, yaitu mengakibatkan kecanduan sehingga setiap ada kesempatan dipergunakan untuk mengakses jejaring sosial tersebut.
  • Kecanduan berat. Bangun tidur mengecek pemberitahuan, setelah mandi baca beranda, sarapan sambil memberi komentar. Dijalan kirim status memakai ponsel. Di kantor upload foto terbaru, chatting , menambah aplikasi dan lain-lain. Bahkan sampai menjelang tidur masih utak atik FB.
  • Lupa waktu. Segala sesuatu yang terlalu berlebihan memang tidak baik. Terutama apabila mengakibatkan hal lain jadi terbengkalai.
  • Menyebabkan lebih menyukai teman maya daripada nyata. Kadangkala lebih akrab dengan seseorang yang nun jauh disana daripada tetangga samping rumah.
  • Berkurangnya privasi. Saat ini profil FB dapat dibuat publik sehingga setiap orang dapat membaca tanpa perlu menjadi teman. Sebaiknya tidak usah terlalu banyak menulis data pribadi di FB karena mungkin bisa disalahgunakan oleh orang lain.
  • Dan lain lain…

Jadi sebaiknya bisa mengatur waktu untuk berFacebook ria, jangan sampai kecanduan yang mengakibatkan produktifitas menurun. Serta jangan terlalu mengumbar data pribadi. Gunakanlah selalu teknologi dengan bijak, mengendalikan segala efek negatif serta memaksimalkan nilai positifnya.

Semoga Bermanfaat

Download artikel

7 comments:

  1. wah sepertinya facebook gak ada habisnya dibahas ya, tentang positip dan negatipnya mungkin sudah banyak yang tahu, yang jadi masalah ini sekarang adalah dari pribadi si pemakainya, saya sendiri sih memutuskan gak pakai dului aja... mendingan ngeblog... masalahnya suka lupa waktu :)

    ReplyDelete
  2. Setuju, sebaiknya kita jangan diperbudak oleh Facebook karena kita lah yang harus mengendalikan teknologi ...

    ReplyDelete
  3. Setuju, jangan sampe kita diperbudak dengan FB tetapi kita yang harus mengendalikan teknologi ..

    ReplyDelete
  4. FB seperti pisau yang bawa manfaat dan petaka

    by andra

    ReplyDelete
  5. Ada yang kurang sisi negatifnya, yakni kecanduan main game d fb terutama game poker kya saya ini...hehehehe
    Pdhl dulu smpet nolak bikin acc FB,soale FS ma Fupei ja ga prnh ter-urus. Dah tau banyak game nya mah jadi......hehehe. #_#

    ReplyDelete
  6. manfaat pasti ada tp dibuat hal tidak baik juga bisa... :)

    ReplyDelete

oyit_blog "MAKASIH Buat ComentX"

Mengenai Blog Ini

Blog ini saya gunakan untuk menambah teman yang saya meliki, saya ucapkan terima kasih yang telah mengunjungi blog saya. Eh jangan lupa kunjungi friendster, facebook, dan blog saya yang lain........tinggal klik ja gambar dibawah ini... terima kasih sebelumnya. :thumbsup:




Teman Temanku

  © Blogger templates ProBlogger Template by Hendro Prasetyo 2011

Back to TOP